v\

Minggu, 16 Desember 2018

Membuat Objek 3D Menggunakan Blender


Membuat Model Karakter Rody

1. Langkah kali kita akan membuat tubuh atau badan tokoh kartun Rody, kita sediakan objek berbentuk Cylinder, untuk menampilkan pilihan objek yang kita ingin kan kita cukup tekan Shift + A kemudian akan muncul beberapa menu objek yang akan kita gunakan, disini saya menggunakan Cylinder. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.







2. Kini kita sudah berhasi membuat objek Cylinder kemudian kita akan membuat putar Cylinder ini kita Rotasi kan dengan menekan Ctrl + R kemudian kita rotasi kan, disitu ada warna biru (z), merah (x), hijau (y). Disni kita menggunakan sumbu x setalah itu akan membuat Permukaan sisi nya melengkung, caranya dengan menekan Ctrl + B sebelumnya kita ketik edit menu kemudian pilih menu yang dibawah ada 3 pilihan yaitu Vertex select (untuk titik), Edge select (untuk garis tepi), Face select (untuk), permukaan), untuk menambahkan lekungan nya kita tinggal tari mouse sesuai arah yang kita tentukan, setelah itu kita dapat menambahkan segmen untuk menampilkan efek melengkung yang sempurna, menu segmen ini ada disebelah kiri. Disini saya menggunakan 8 segemen. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.




Setelah objek Cylinder kita lekungkan di permukaan nya maka hasil seperti dibawah ini :


3. Sekarang kita akan membuat bagian celananya dengan menggunakan UV Sphere yang digunakan untuk membut celana, setalah kita sudah objek nya sudah ada kita tinggal menyeleksi bagian atas dengan cara menseleksi tekan klik kanan sambil menekan Shift kemudian delete lalu klik vertices tuntuk lebih jelas nya perhatikan gambar dibawah ini :




Gambar diatas merupakan hasil dari seleksi lalu dihapus sebagian lingkaran.

4. Kemudian kita akan membuat bagian lengan kaki nya dengan menggunakan objek UV Sphere dan tabung kemudian kita sesuaikan ukuran dari objek yang kita buat. Untuk objek UV Sphere nya kita buat menjadi setengah lagi seperti gambar di atas. Untuk memperkecil nya kita tekan S lalu geser mouse maka objek akan membesar atau memperkecil sesuai yang kita inginkan. Agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini. Gambar diatas berasal dari objek UV Sphere yang sudah dibagi menjadi setengah lingkaran ini merupakan bagian dari lengan kaki untuk menduplkat objek kita bisa klik kanan pada objek lalu CTRL C dan kemudian CTRL V. Setelah ini kita akan menambahkan objek lagi yaitu Cylinder kita akan memperkecil terlebih dahulu lalu menduplikat kan nya dengan cara seperti tadi yang sudah dijelaskan.

3
d  
    5. Langkah selanjutnya kita akan memperkecil ukuran Cylinder dengan mengklik objek terlebih dahulu kemudian tekan S maka akan mencul tanda panah dua seperti di atas dengan cara menggeserkan mouse. Selanjutnya kita merubah lebar dari Cylinder dengan cara Klik Ctrlt + Alt klik sumbu yang kita keperlukan lalu tekan S. Maka jadi akan seperti gambar dibawah ini :
      
      



3
6. langkah selanjutnya kita akan melanjutkan membuat kaki dengan menambahkan obek awal yaitu UV Sphere dan nanti kita akan masuk ke edit mode untuk mengubah bentuk yang akan menyerupai kaki. Disini kita akan menyeleksi terlebih dahulu di bagian sisi depan dan belakang kemudian kita tekan CTRL + ALT + Klik Sumbu ( yang kita inginkan) + S kemudian tarik mouse maka akan jadinya seperti gambar dibawah ini :

Untuk menduplikat kaki nya kita klik kanan pada objek kemudian Ctrl C + Ctrl V maka objek akan menduplikat.

7. langkah selanjutnya kita akan membuat lengan tangan menggunakan objek Cylinder  yang nanti kita akan meng editnya dengan cara tekan Ctrl + Alt + klik Sumbu ( sumbu yang kita inginkan) + S lalu kita tarik mose sesui yang kita inginkan, lebih jelas nya kita akan lihat gambar dibawah ini :



Kini kita telah berhasil membuat lengan tangan dan selanjutnya kita menambah objek kubus yang kemudian akan dibuat menjadi tangan dengan kita masuk ke edit mode, untuk membuat jari – jari nya kita menggunakan cara Ctrl + Alt + klik sumbu ( sumbu yang kita inginkan) + S jika sudah maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :


8. Selanjutnya kita akan membuat Bagian kepalanya, disini saya menggunakan objek awalnya yaitu UV Sphere yang dimana kita akan menyeleksi sebagian lingkarannya dengan cara Tab yang diamana kita akan masuk ke edit mode, untuk menyeleksnya kita klik kanan pada bagian yang akan di seleksi kemudian tekan delete pilih vertices nanti jadinya akan seperti gambar dibawah ini :





9. Selanjutnya kita akan membuat hidung nya dengan menggunakan UV Sphere kita disini hanya mengubah ukuran nya saja, dengan cara kita klik kanan pada objek kemudian tekan S lalu geser mouse dan sesuaikan ukuran yang kita inginkan. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :


10. Selanjutnya kita akan membuat mata  dengan menggunakan objek Circle lalu lihat menu sebelih kiri dan scroll ke bawah dan pilih Add Circle dan di Fill Type itu pilih Ngon dan selanjutnya kita menambahkan satu objek lagi untuk membuat mulut seperti dibawah ini, hasil nya akan seperti gambar dibawah ini :




11. Selanjutnya kita akan membuat Telinga menggunakan objek kubus yang dimana kia akan menggunakan Ctrl + R yang gunanya untuk membuat bagian – bagian lalu kita akan menggunakan vertex select yang berguna untuk menggerakan titik sudut. Untuk lebih jelasnya kita lihat gambar dibawah ini :





12. Langkah selanjutnya kita akan memberi warna atau texture pada objek yang sudah kita buat, pada kali ini kita mulai dari badan terlebih dahulu. Perhatikan gambar dibawah ini. Untuk memberi warna pada objek dimana kita klik dulu objeknya kemudian pilih menu yang ada di sebelah kanan lalu klik icon yang seperti bola kemudian klik new kemudian di menu Diffuse kita memberi warna yang kita inginkan.





Jika sudah maka hasilnya seperti gambar dibawah ini :
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar